Data Structure – Pertemuan 2

IT merupakan bidang yang sangat dibutuhkan di dunia teknologi sekarang ini. Banyak perusahaan sekarang menginginkan teknologi perusahaannya maju, oleh karena itu banyak perusahaan membutuhkan orang IT untuk memajukan perusahaan mereka. IT dapat berhubungan dengan segala bidang lain seperti bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang keuangan, dll. Bidang IT juga dapat berhubungan dengan internet, database, artificial intelligence, dll.

IT dapat mengembangkan teknologi yang luar biasa di kehidupan sehari-hari seperti, dengan sensor kita dapat membuat AC yang menyala sendiri ketika kita masuk ke ruangan tersebut. Kita dapat melacak keberadaan sesuatu dengan internet, ada juga teknologi yang dapat mengatur segala sesuatu dengan menggunakan HP saja.

Perkembangan IT di Indonesia sebenarnya masih kurang dibandingkan dengan negara-negara maju lain. Oleh karena itu, Binus mengembangkan orang-orang IT di Indonesia supaya dapat mengembangkan teknologi di Indonesia.

Mahadata, lebih dikenal dengan istilah bahasa Inggris Big Data, adalah istilah umum untuk segala himpunan data (data set) dalam jumlah yang sangat besar, rumit dan tak terstruktur sehingga menjadikannya sukar ditangani apabila hanya menggunakan perkakas manajemen basis data biasa atau aplikasi pemroses data tradisional belaka.

 

Arduino adalah sebuah platform open source (sumber terbuka) yang digunakan untuk membuat proyek-proyek elektronika. Arduino terdiri dari dua bagian utama yaitu sebuah papan sirkuit fisik (sering disebut juga dengan mikrokontroler) dan sebuah perangkat lunak atau IDE (Integrated Development Environment) yang berjalan pada komputer. Perangkat lunak ini sering disebut Arduino IDE yang digunakan untuk menulis dan meng-upload kode dari komputer ke papan fisik (hardware) Arduino. Ketika membicarakan Arduino maka ada dua hal yang terlintas dalam pikiran para penggunanya, yaitu hardware dan software. Dua bagian ini seakan satu kesatuan utuh yang tidak bisa di pisahkan.

Raspberry Pi, sering juga disingkat dengan nama Raspi, adalah komputer papan tunggal (Single Board Circuit /SBC)yang memiliki ukuran sebesar kartu kredit. Raspberry Pi bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti spreadsheet, game, bahkan bisa digunakan sebagai media player karena kemampuannya dalam memutar video high definition.

Raspy2Tampilan Board Raspberry Pi

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan typesetting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yag terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya.

Komputasi awan (bahasa Inggris: cloud computing/cloud service) adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (‘komputasi’) dan pengembangan berbasis Internet (‘awan’). Awan (cloud) adalah metafora dari internet, sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Sebagaimana awan dalam diagram jaringan komputer tersebut, awan (cloud) dalam Cloud Computing juga merupakan abstraksi dari infrastruktur kompleks yang disembunyikannya. Ia adalah suatu metoda komputasi di mana kapabilitas terkait teknologi informasi disajikan sebagai suatu layanan (as a service), sehingga pengguna dapat mengaksesnya lewat Internet (“di dalam awan”) tanpa mengetahui apa yang ada didalamnya, ahli dengannya, atau memiliki kendali terhadap infrastruktur teknologi yang membantunya. Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing ” Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain.”

 

Cloud_computing-id.svg

Augmented Reality atau dalam bahasa Indonesia Realitas tertambah dan dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.

dua-300x225Android Augmented Reality Mobile Games

SASS (Syntactically Awesome Stylesheets) adalah sebuah pengembangan dari CSS3 dengan menambahkan nested rules, variables, mixins, selector inheritance, dan banyak lagi. dia menerjemahkan css dengan struktur yang lebih baik.
Kelebihan SASS :

  • CSS yang dihasilkan akan rapi dan mudah di mengerti.
  • Otomatis akan berjalan dengan baik di setiap browser.
  • Hasil output CSS akan lebih terstruktur.

 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply